Rabu, 05 Oktober 2016

3 coffe terapung di sungai kapuas

3 coffe terapung di sungai kapuas


Menikmati kuliner di hotel, restoran atau warung kaki lima dengan beragam jenis masakan lokal maupun mancanegara mudah didapat di banyak tempat dan sudah menjadi hal yang biasa. Namun menikmati kuliner ditepian sungai terpanjang di Indonesia, hanya bisa dinikmati dengan berkunjung ke sungai kapuas di Pontianak. Ibukota provinsi satu-satunya di Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa pun tugu khatulistiwa juga terdapat di tepian sungai kapuas dan keraton Pontianak juga terdapat ditepian sungai kapuas. Dua bangunan bersejarah ini menjadi saksi bahwa sungai kapuas adalah pusat dinamika kota pontianak masa lalu.
Di sepanjang tepian sungai kapuas kini terdapat banyak cafe atau restoran yang mudah dikunjungi wisatawan. Santai makan dan minum sambil menikmati suasana sungai terpanjang di Indonesia menjadi pengalaman berbeda yang hanya bisa di dapat dengan berkunjung ke Kota Pontianak.
Dari puluhan cafe, restoran dan warung di tepian sungai kapuas, terdapat 3 tempat yang menarik dikunjungi di sungai kapuas. Menarik karena tempat cafe tersebut terapung ditepian sungai kapuas. Saat ada kapal lewat akan terasa gelombang air sungai menggoyang cafe, namun tak berbahaya dan tidak mengganggu suasana makan. Cafe terapung tersebut justru menjadi keunikan dan menjadi pengalaman yang tidak bisa didapat di daerah lain. Terdapat 3 (tiga) cafe terapung di sungai kapuas :
1. Cafe Terapung Serasan
Terletak di kampung banjar serasan dan dikenal dengan Kafe Serasan, Kecamatan Pontianak Timur. Cafe Serasan dikenal sebagai cafe terapung pertama di Pontianak. Menyediakan aneka kuliner khas Pontianak, tempatnya representatif, tersedia musholla untuk sholat, terdapat tempat makan di darat dan disungai (terapung).
Pengunjung juga dapat menikmati santapan kuliner khas Pontianak sambil susur sungai dengan naik perahu serasan dengan harga murah, Rp. 20.000,- per orang dengan rute dari lokasi cafe serasan hingga depan alun-alun kapuas. Nikmatnya makan sambil susur sungai pada sore atau malam hari. Harga makanan dan menikmati susur sungai dengan perahu serasan cukup murah.
2. Cafe Terapung Ertiga
Terletak di kampung benua melayu laut dan dikenal dengan cafe Gang Landak di Jalan Tanjungpura, Kecamatan Pontianak Selatan. Menyediakan tempat santai unik dengan tempat yang terapung di sungai kapuas. Tempat lokasi yang khas, ditengah-tengahnya terdapat kolam kayu untuk ikan yang menjadi hiburan tersendiri untuk anak-anak. Tempatnya yang strategis, di pusat Kota Pontianak memudahkan pengunjung untuk menikmatinya.
Pengunjung juga dapat menikmati susur sungai kapuas dengan perahu model lancang kuning dengan harga yang murah. Selain itu juga terdapat permainan kano yang aman dan harga sewa murah. Pengelola Cafe Ertiga menyediakan baju pelampung serta belasan kano dengan harga sewa yang murah, hanya Rp. 10.000,- per orang per jam.
3. Cafe Terapung PakWe
Terletak di Kampung bansir dan dikenal dengan Cafe PakWe lewat Gang Bansir II, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Pontianak Tenggara. Menyediakan tempat santai yang terapung dengan lokasi dekat dengan kampus universitas tanjungpura (Untan). Karena letaknya dekat kampus Untan, banyak anak muda khususnya mahasiswa dan mahasiswi yang mengunjungi cafe ini.

sumber : http://wisatasungaikapuas.com/2016/09/18/3-cafe-terapung-di-sungai-kapuas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar