Rabu, 23 November 2016

Mengenal Bingke Berendam Kue Khas Pontianak

bingke berendam pontianak
Kue Bingke Berendam adalah makanan khas Kota Pontianak yang sangat enak. Kue ini bertekstur lembut dan mempunyai rasa yang manis. Kue bingke sangat mudah di temui di Pontianak, apalagi menjelang bulan Ramadhan. Rasanya yang enak dan murah berkisar 10.000 hingga 20.000, kue bingke sangat digemari masyarakat kota Pontianak untuk menjadi menu buka puasa. Bahkan banyak warga yang menganggap, tak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa menyantap kue khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Kue bingke memiliki banyak varian rasa, diantaranya rasa original, rasa susu, rasa keju susu, rasa ubi dan banyak varian rasa lainnya. Pada dasarnya bingke memiliki 2 varian, yaitu bingke biasa yang teksturnya agak kering dan bingke berendam yang dimana teksturnya agak lembek dan basah. Bingke biasa dimasak dengan cara di panggang sendangkan bingke berendam dimasak dengan cara di kukus.
Perlu kalian ketahui, kue bingke mudah sekali kering bila telah dibuka. Ada beberapa tips agar kue bingke tidak cepat kering dan tetap enak, berikut tipsnya:

bingke berendam kota pontianak

Tips Agar Kue Bingke Berendam Tidak Cepat Kering

  • Ada baiknya lapisi bingke dengan kertas alumunium foil kemudian bungkus dan di masukkan ke dalam wadah tertutup rapat.
  • Setelah Anda mengambil bingke pastikan kembali membungkusan alumunium foil dan rapatkan kembali tutup wadah bingke.
  • Simpan dalam lemari es dalam rak khusus. Jangan campurkan dengan bahan makanan yang memiliki aroma menusuk seperti,  ikan, daging, atau sayur dan buah yang menyengat.
  • Simpan dalam suhu 5-10 derajat celcius.
  • Jangan pernah membekukan bingke, karena bila bingke beku, akan mengurangi kandungan nustrisi, kualitas kelembutan, aroma, serta rasanya.
Jika kalian tertarik untuk membuat kue bingke ini, caranya sangat mudah. Berikut kami berikan resep dan cara memasak kue bingke.
bingke berendam kota pontianak

Resep Bahan Bingke Berendam:

  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1 butir kelapa, parut
  • 30 lbr daun suji
  • 2 lbr daun pandan

Cara Membuat bingke berendam :

  1. Campurkan kelapa parut dan daun suji, tambahkan dgn 300 ml air. Peras lalu saring. Sisihkan 250 ml santan daun suji tadi.
  2. Kocok lepas telur, tambahkan gula pasir, kocok lagi perlahan hingga gula melarut.
  3. Tambahkan santan daun suji, aduk rata.
  4. Olesi pinggan tahan panas dgn minyak goreng. Sendokkan adonan ke dalam pinggan.
  5. Ambil loyg 30 x 40 cm, tambahkan sedikit air. Rendam pinggan berisi adonan bingka, panggang selama 40 menit dgn suhu 150 derajat Celsius sampai matang.
Sumber : https://digulis.com/2016/05/29/bingke-berendam-kue-khas-pontianak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar