Jumat, 11 November 2016

Pemandangan Eksotis Puncak Gunung di Kalimantan Barat

Bukit Raya
Pemandangan Eksotis Puncak Gunung di Kalimantan Barat | Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan adventure di alam bebas yang di gemari dari berbagai kalangan Orang tua, dewasa ataupun remaja. Bila anda menonton Film 5 CM yang disutradarai oleh Rizal Mantovani yang diadaptasi dari “Novel 5cm” karya Donny Dhirgantoro dengan cerita yang sedeharna dan menampilkan latar belakang keindahan bentang alam Indonesia yang luar biasa ini, Anda akan mengetahui banyak tempat dengan bentang alam nan indah di Indonesia yang tidak kalah dengan di luar negeri.

Saat film ini mulai diputar, terjadi ledakan besar terhadap animo masyarakat untuk melakukan perjalanan pendakian gunung. Film yang dibintangi oleh Harjunot Ali, Fedi Nuril, Raline Shah dan Pevita Pearce ini sukses memukau ribuan penggemarnya dan memberi sebuah motivasi yang tinggi bagi para pemula penggiat kegiatan di alam bebas.
Dorongan motivasi ini tentunya membuat sebagian orang mulai merencanakan dan berniat untuk berpergian melakukan perjalanan naik gunung seperti yang diceritakan dalam film 5 cm, yakni mendaki Gunung Semeru. Bagi Anda yang memiliki cukup uang hal itu tidak menjadi masalah jika harus berpergian jauh ke luar pulau Kalimantan demi mencapai puncak Mahameru. Namun bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang hal itu tentu terasa tidak mungkin. Nah jangan khawatir, karena di Kalimantan Barat ada gunung yang tidak kalah seru untuk didaki. Memangnya ada gunung di Kalimantan Barat ?
Sebetulnya banyak gunung di Kalimantan Barat ini yang tidak tereskpos, sehingga keindahan dan keeksotisan alamnya tidak diketahui oleh banyak orang bahkan penduduk asli di Kalimantan Barat itu sendiri. Nah, pada kesempatan ini  akan memberikan sedikit informasi mengenai keindahan gunung di Kalimantan Barat yang mungkin Anda sendiri belum mengetahuinya.

Gunung di Kalimantan Barat yang Harus Kamu Ketahui

Gunung Bawang

Gunung Bawang

Foto : Puncak Gunung Bawang
Gunung Bawang berada di Kabupaten Bengkayang dan memiliki ketinggian 1460 mdpl dari permukaan laut yang dapat ditempuh dari pusat kota Bengkayang menuju kampung terdekat, yakni Desa madi sekitar 2 jam menggunakan kendaranaan. Kawasan Gunung Bawang ini berstatus hutan hukum adat sehingga hutan di Gunung Bawang ini terjaga kelestariannya. Selain itu kawasan Gunung Bawang ini ditetapkan sebagai hutan lindung melalui peraturan pemerintah karena kawasan ini terdapat berbagai jenis kayu langka seperti kayu besi atau Kayu Belian.

Gunung Palung

Gunung Palung
Foto : Puncak Gunung Palung / nasalistour.com
Gunung Palung atau Gunung Panti, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palong. Secara administrasi termasuk dalam wilayah kabupaten Kayong Utara. Gunung Palong yang memiliki ketinggian 1.116 mdpl ini memiliki karakter yang unik, karena memiliki ekosistem yang cukup lengkap mulai dari ekosistem pantai di kakinya hingga pegunungan tinggi di puncaknya. Jika datang ke taman nasional ini untuk mendaki gunung, kita bisa sekalian melihat habitat orang utan yang asli di sini.

Pegunungan Schwaner

Puncak Bukit Raya, Gunung di Kalimantan Barat

Foto : Puncak Bukit Raya
Terdiri dari Bukit Raya 2.278 mdpl, Bukit Panjake 1.450 mdpl, Bukit Lesung 1.600 mdpl, Bukit Panjing 1.620 mdpl, Bukit Baka 1.617 mdpl, Bukit Melabanbun 1.850 mdpl, dan Bukit Asing 1.750 mdpl. Bukit Raya saat ini di populerkan sebagai salah satu dari 7 puncak Indonesia. Pegunungan ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, sebagian dari taman nasional ini berada di wilayah Kalimantan Barat dan sebagian lagi ada di Kalimantan Tengah.

Pegunungan Niut

Gunung Niut, Gunung di Kalimantan Barat
Foto : Gunung Niut
Terdiri dari Gunung Niut, Gunung Serang, Gunung Penrissen. Pegunungan Niut terdiri dari beberapa puncak yang tingginya rata-rata 1500 mdpl. Pegunungan ini termasuk dalam Cagar Alam Niut Penrissen yang bagian utaranya berbatasan dengan Malaysia. Pegunungan ini memiliki kekayaan biodiversitas yang melimpah, terutama anggrek.

Pegunungan Muller
Gunung Betung Kerihun, Gunung di Kalimantan Barat

Foto : Taman Nasional Betung Kerihun
Terdiri dari Gunung Betung Kerihun 1.790 mdpl, Gunung Tunggal 1.120 mdpl, Gunung Lawit 1.770 mdpl, Gunung Batu 1.410 mdpl, Gunung Cemaru 1.180 mdpl. Barisan pegunungan ini dijuluki sebagai Heart of Borneo, merupakan salah satu kantong megabiodiversitas di dunia selain Amazon dan Papua. Seluruh kawasan pegunungan ini termasuk kedalam Taman Nasional Betung Kerihun. Jantung Borneo ini merupakan sebuah surga petualangan yang hanya sedikit sekali orang pernah menjajalnya. Beberapa kegiatan alam bebas yang bisa dilakukan disini yaitu pendakian gunung, panjat tebing alam, susur gua (masih banyak gua yang belum di eksplorasi), dan arung jeram.
Masih banyak lagi gunung di Kalimantan Barat, misalnya Gunung Cabang, Gunung Rumput, Gunung Piyabung, Gunung Saran, Gunung Biwa, dan Gunung Berangin.
Sumber : https://digulis.com/2016/07/29/pemandangan-gunung-di-kalimantan-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar